KOREAHH Akhirnya ku menemukanmuuuuu by Udut


Kalau ditanya negara mana sih yang pengen banget dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup? Pasti jawabannya KOREAH. Yak, ngebayangin bisa dateng ke negeri ginseng sekaligus bisa liat idol comeback siapa sih yang ga mau? Niat ngumpulin uang bukan cuma untuk ke Korea nya tapi berniat beli album idol yang lagi comeback minimal 20 supaya punya peluang untuk ikut fansign. Tapi kalau dipikir kaya gitu berarti harus nyiapin uang dari jauh- jauh hari karena kan kita ga tau idol fav kita bakal comeback kapan. Paling cepet agency ngasih informasi mengenai comeback nya para idol 3 bulan. Di tengah perjalanan, dapet info dari kaka kalau temennya pernah ikut suatu trip yang unik banget. Yang tidak terikat dengan itinerary, jadi kita bisa explore Korea sesuka hati kita. Hampir setiap hari mantengin Instagramnya, mikir apa ikut tour ini aja atau tetep tunggu kepastian idol fav comebacknya kapan. Tapi mau sampe kapan?

Akhirnya setelah Udut merenung sekitar dua bulan, tepat tanggal 4 April 2017 diriku chat admin @bwamtrip dan memastikan ikut tour Autumn Korea 2017. Udah pasrah aja, kalaupun idol ga comeback bulan November gapapalah, mungkin belum rezeki. Tapi dibalik itu semua, hati masih ngerasa ga tenang karena aku cuma daftar sendiri alias solo traveler. Sempet mikir nanti disitu bakal dapet temen- temen yang asik ga ya yang bisa diajak ke SM Town. Tapi kalau mikir gitu terus kapan sampe ke Koreanya?

Tujuh bulan terasa cepet banget, akhirnya tinggal sebulan lagi ke Koreah. Sebelum ke Korea @bwamtrip ngadain Tech Meeting dulu. Sempet takut kira- kira nanti bisa SKSD dan berbaur ga ya, ada yang solo traveler juga ga? HAHAHA kebanyakan takutnya. Dengan menyiapkan keberanian 100% akhirnya ikut juga Tech Meetingnya @bwamtrip. Ga disangka- sangka ternyata ketemu kaka gereja namanya Ka Dessy Elfrida yang udah lama banget ga ketemu dan ternyata doi juga solo traveler. Terus kenalan juga sama Ka Decyana (solo traveler juga) yang pas ngomongin itinerary ternyata banyak tempat yang sama yang pengen kita kunjungi. Daaaan mendekati akhir- akhir meeting dateng Kaka Rina (solo traveler juga) yang jauh- jauh dari Jakarta Selatan ke Jakarta Utara. Kalau Ka Rina sama sekali belum nyiapain itin AHAHHAHA, list tempat yang pengen dikunjungin pun engga HAHAHA. Nah sejak dari situ, kita para solo traveler mutusin untuk jalan bareng nanti selama di Koreah :’’’)

Akhirnya 3 November 2017 datang juga. Tujuh jam di pesawat sama sekali ga berasa mungkin karena udah excited banget. Besok pagi gue udah ga di Jakarta tapi KOREAH…. di negaranya LEE TAEMIN, SON NAEUN <3. Oke prolognya udah niiiiih, sekarang cerita yang sebenarnya ya. Sembilan hari di Korea berasa kurang, Korea bener- bener ngangenin <3. Kurang lebih ada 3 daerah di Korea Selatan yang dikunjungi selama trip kemaren.

1. Seoul

Yak kalau ke Korea Selatan pasti ke Seoul juga lah ya, apalagi bagi pencinta k-pop :’’’). Tapi yang gue rasain selama di Seoul bukan cuma dunia kpop nya yang berasa banget tapi juga budaya Korea nya berasa bangeeet. Penasaran budaya nya kaya apa? Ke Korea lah kuy :’’’’)

  • Hongdae

Nah guesthouse kita itu di Hongdae, ga jauh dari stasiun Sangsu (masih hapal sampe sekarang Sangsu Station HAHAHA) namanya Mamas & Papas Hongdae Guesthouse. Penjaga guesthouse kita ada dua orang namanya Oscar dan Keanu. FYI Keanu ganteng loh (gebetannya Ka Rina HAHAHA) dan masih muda lagi. Oscar dan Keanu baik banget sih, sering ngobrol2 gitu kalau kita lagi di guesthouse.

Mamas Papas lokasi nya strategis bangeeet. Jalan dikit dr guesthouse kita bisa nemuin brand- brand skincare Korea yang hits kaya Etude, Nature Republic, Innisfree, Tony Moly dan yang lainnya. Karena deket banget dr guesthouse jadi beli titipan temen- temen untuk skincare itu satu hari sebelum pulang ke Jakarta. Ga cuma skincare loh, counter Adidas dan teman- temannya juga ada. Daaan untuk para wanita, banyak banget yang jualan baju- baju lucu nan cantik. Parah lengkap banget deh :”””)

Kalau udah cape abis jalan dari luar Seoul dan nyampe guesthouse agak cepet (sekitar jam 8-an waktu Korea) kita biasanya jalan- jalan sekitaran guesthouse. Oh iya kalau malem- malem juga banyak banget performance di pinggir- pinggir jalan gitu. Ada yang solo, ada yang grup juga. Yang solo biasanya nyanyi sambil main alat musik gitu, ada yang nge-dance juga. Kalau grup biasanya mereka dance cover gitu. Kalau ke Korea sih kayaknya ga boleh ngelewatin ini sih, WAJIB GITU karena ya ini Korea meeen. Definisi Korea dimata banyak orang kan girlband, boyband dan drama nya yaaah.

  • Myeong to the Dong (Myeongdong)

Yaaah walaupun di sekitaran guesthouse kita itu udah lengkap banget tapi kalau ke Myeongdong wajib banget ga sih?HAHAHA. Yang ga boleh banget dilewatin saat di Myeongdong itu street food nyaaaaa. Banyak banget yang jualan dan semua keliatan enaaaaak. Paraaaah, jadi pengen balik lagi :’’’’. Dari makanan normal sampe makanan ga normal bisa ditemuin di Myeongdong. Myeongdong tuh kayaknya ga pernah sepi ya, rame mulu tapi seneng gitu haha. Kalau di Jakarta kan kalau tempat rame jatuhnya agak darah tinggi yah ahahha ga tau kenapa.

Oh ada cerita lucu di Myeongdong, jadi kita kan ke counternya The Saem. Gue sih yang sebenernya pengen masuk awalnya karena kan brand ambassadornya The Saem itu oppa- oppa ku HAHAHA (SHINee my love) jadi pengen banget ngeliat gimana sih kalau counter The Saem di negara asalnya langsung. Eh ternyata kita ditawarin produk yang namanya Gold Snail Bar. Awalnya sih yang ditawarin itu Ka Rina dan Ka Desy karena kan diriku sibuk memandangi Lee Taemin yah HAHA. Imo nya itu kasih kita banyak banget free gift kalau andaikan kita mau beli Gold Snail Bar ini. Oh iya imo itu panggilan Bibi atau akrabnya Tante di Korea, kalau kata Ka Cindy panggilnya imo aja biar kita ga dijutekin.

Tau ga harga satunya berapa? 500 ribu dan kita musti beli 5 dulu baru bisa dapet free gift. Tapi yang luar biasanya free giftnya itu ga main- main sih. Imo nya baiiiik banget, katanya kita bakal dikasih sheet mask yang gold snail itu 100 plus tambahan satu gold snail bar plus hand cream. Baik banget kaan tapi mahal banget sih harus ngeluarin uang 2.5 juta dulu dan belum tentu itu produk cocok. Susah banget nolak imo itu karena pasti imo itu selalu nambahin free giftnya supaya kita mau beli. Daaaan yang lucunya Ka Rina sempet kepikiran untuk beli loh HAHAHA, alasannya simple sih karena imo nya baik dan lucu. Tapi setelah diskusi ga jadi beli abisnya takut ga cocok juga.

Oh iya untuk fashion di Myeongdong lebih banyak variasi sih tapi harga nya juga selangit jadi mending ga usah di beli, lebih baik beli di underground (Goto Mall sih OKE banget).

  • Gangnam

Yaaak yang ketiga itu Gangnam. Siapa sih yang ga tau Gangnam? Gangnam is home to some of the largest Korean entertainment companies like SM, JYP or Cube. Tapi- tapi sayangnya gue ke Gangnam bukan untuk itu huhuhu padahal kpopers ya. Boong deh haha, niatnya mau ke SM eh tapi karena salah turun stasiun jadi ga nyampe ke SM building deh, nyampenya cuma ke SM Communication Center HAHAHA. Gapapalah ya, disyukuri ajaaah hahaha.

Terus kita ke Goto Mall. Goto Mall itu surga banget untuk para wanita, cowo juga sih haha yang suka belanja deh pokoknya. Harga murah banget dan model bajunya lucu- lucu dan cantik cantik. Oh iya untuk yang mau ke Korea, mending ga usah bawa baju banyak- banyak. Beli aja di underground, murah- murah dan lucu- lucu banget jadi kan ga berat- beratin koper ya. Semua dress- dress lucu, jaket yang oversize itu ada disini. Ga cuma baju sih, sepatu- sepatu lucu dan sekali lagi MURAH bisa banget ditemuin disini. Dress nya ada yang dr 8000 won bayangin :””” dan sepatu dari 10000 won. The best banget sih ini tempat tapi sayangnya untuk pembayarannya kebanyakan harus cash, kalau pake kartu harus belanja diatas 11000 won dulu.

Oh iya sampe lupa sama tempat yang mempertemukan aku dengan Taemin AHAHAHA. Seperti yang diceritain sebelumnya aku menunggu moment dimana bias ku comeback kan tapi akhirnya aku udah pasrah ke Korea pas belum ada kejelasan kapan Lee Taemin akan comeback. Jadi sebenernya desas-desus Taemin bakal comeback di tahun 2017 itu udah ada bangeeeet tapi belum dipastiin kapan bulannya. Daaaan tau ga sih ternyata Taemin comeback itu pertengahan Oktobeeeer dong, tepatnya 16 Oktober (diriku ngetik ini agak kesel sih HAHAHA) kenapa ga tunggu sampe November gitu kan Tem :’’’’. Daaan yang lebih bikin SAKIT HATI itu : Lee Taemin ngadain konser solonya di Korea itu tanggal 14-15 Oktober. Rasanya tuh pengen bilang Ka Cindy boleh dimajuin aja ga ke Koreanya HAHAHA sedih. Tapiii biasanya idol mempromosikan album nya di acara musik gitu kurang lebih selama sebulan jadi Taemin selesai promosiin albumnya kira- kira pertengahan November dooong dan dimana diriku ada di Korea HAHAHA. Mulai deh gue sibuk chat admin @bwamtrip, nanya gimana caranya untuk bisa nonton program musik secara live kaya M-Countdown, Music Bank atau Inkigayo. Terus admin @bwamtrip nya bilang kalau nanti bakal ditanyain ke Oscar. Ehhh ada kabar sedih yang datang, ternyata Taemin promosiin albumnya cuma sampe tanggal 3 November. Taemin bener- bener jahat kaan :’’’)

Udah lah udah pasrah ga bakal bisa ketemu Taemin. Selang berapa hari, eh ada pemberitahuan kalau tanggal 5 itu Taemin ngadain fansign dan bonus event di Coex.

Bahagia dong bahagia banget tau kabar itu padahal belum tentu juga bisa ikut event itu. Yaudah lah pas tanggal 5 malemnya abis dari Nami Island lanjut deh itu ke Coex, dengan muka yang bener- bener kusut dan agak cape tapi demi Taemin huhu. Untungnya ada kaka-kaka baik yang mau nemenin aku ke Coex.

Acaranya jam 8 dan kita sampe jam 8 kurang 5. Ternyata yang bisa masuk hanya orang- orang yang dapet undian haha, gagal maning. Tapi gapapa diriku happy karena bisa segedung sama Lee Taemin haha. Karena Taemin lagi comeback makanya isinya Coex hampir semuanya fotonya Taemin :’’’). Udah sejam-an di dalem COEX, foto- foto akhirnya memutuskan pulang kan. Eh pas kebawah, Ka Decyana jelih banget itu kenapa orang pada banyak diluar. Daaaan you know what itu jalan Taemin pulang HAHAHA. Ini seriusan ngerasain banget fangirl-ing di negaranya langsung itu seru bangeeet haha. Mobil nya udah siap ngangkut Taemin daaaan semua fansnya Taemin udah nge-tag tempat. Mereka tertib banget- bangeeeeet. Nunggu Taemin keluar dr gedung lama, sekitar 45 menitan dan baiknya kaka-kakaku pada mau nungguin haha. Dan Ka Decyana ngebantuin untuk video-in, baik bangeeeet. Daaaaan……. hasilnya liat link disini aja yaaaa hahahaha. Aku sangat senang plus lemeeeeees

Coex, I love you <3

2. Chuncheon

  • Jade Garden

Sebenarnya diantara kita berempat yang pengen banget ke Jade Garden kayaknya sih gue. Karena haha maaf ya berbau Taemin lagi. Jadi Jade Garden itu lokasi syutingnya We Got Married (WGM) edisi Lee Taemin dan Son Naeun. Disaat semua orang pengen dateng ke lokasi syuting drama-drama Korea dan gue memilih dateng ke tempat syutingnya reality show WGM. Daan untungnya Jade Garden itu dekat sama Nami Island.

Jade Garden bisa banget dijadiin destinasi tambahan kalau lagi mau ke daerah Chuncheon. Dari stasiun ada shuttle bis gratis yang bisa nganterin kita langsung ke Jade Garden. Warna pohonnya di musim gugur juga ga kalah cantik dibandingin sama Nami Island.

  • Nami Island

Kalau ke Korea kayaknya musti harus wajib ke Nami Island. Siapa sih yang ga tau Nami Island? Tempat foto favorit yang bisa di share di social media.

Saat kita kesana karena memang lagi peak season jadi yang dateng rame banget. Masuk ke Nami nya ngantri, makan di Naminya ngantri dan keluarnya pun ngantri. Warna – warna daunnya cantik, ada merah, kuning dan orange.

Last but not least…

3. Pocheon

Kayaknya dari semua peserta bwamtrip di Autumn 2017 yang ke Pocheon cuma aku, Ka Rina, Ka Desy dan Ka Decyana. Di Pocheon kita mau ke Pocheon Art Valley. Bisa dilihat di google tempatnya keren banget dan ternyata Pocheon Art Valley itu tempat syutingnya drama ‘Legend of the Blue Sea’. Pocheon asik banget dan banyak kejadian yang lucu selama di Pocheon.

Di Pocheon kita nemuin jajanan yang enak dan murah Cuma 500 won, ketemua oppa ganteng nan baik hati, ahjussi yang baik hati yang nganterin kita sampe ke gerbang Pocheon Art Valley (walaupun dari gerbang itu perjalanan kita untuk masuk ke tempat aslinya sangat jauh AHAHA).

Pocheon cenderung lebih sepi dibandingkan dengan kota Seoul dan penduduknya sangat ramah. Untuk menuju Pocheon Art Valley awalnya naik subway kemudian dilanjutkan dengan bis. Tapi ga usah khawatir petunjuk dalam bis sangat mudah dimengerti dan aplikasi google yang sangat membantu. Dalam perjalanan menuju Pocheon Art Valley ada beberapa spot yang sangat indah. Jadi ga ada salahnya untuk berhenti dan merasakan suasana yang berbeda dengan suasana di Seoul.

Yaah kurang lebih ada 3 daerah di Korea Selatan yang kita kunjungin selama 9 hari berada di Korea. Selain merasa bersyukur akhirnya bisa ke Korea tapi bersyukur juga akhirnya bisa dapet kaka sekaligus temen- temen baru. Pertemanan kita ga terhenti disitu aja, abis dari Korea kita set ketemuan bersama Cici yang cantik nan baik hati (solo traveler juga dan satu kamar), Ka Desy dan Ka Rina di Grand Indonesia. Dan baru aja beberapa minggu lalu itu aku, Ka Rina dan Ka Desy trip bareng lagi tp kali ini ke Bandung HAHAHA. Daan doakan semoga trip ke Jepang kita bisa tercapai di tahun ini.

Ga cuma seneng sih yang kita rasain selama di Korea kemaren, sedih pun ada tapi untungnyaa aku dikelilingi sama kaka- kaka yang doyannya ketawa HAHAHA jadi sedih pun rasanya happy.

Satu pelajaran yang didapat saat trip kemaren, travelling itu bukan hanya sekedar foto- foto lalu di bagikan ke sosial media tetapi moment- moment pada setiap harinya yang ketika kita pulang dari tempat itu rasa nya masih bisa kita nikmati. Sampe sekarang saat kangen Korea, aku cukup penjamkan mata dan coba inget moment- moment itu tapi pengen ke Korea beneran lagi sih hahaha. Thank you buat Ka Cindy yang menjadi alat Tuhan buat wujudin mimpi aku untuk ke Korea. Thank you juga buat semua peserta @bwamtrip yang terutama Ka Rina, Ka Decyana, Ka Dessy dan Cici Winda. Sekian cerita ku ☺ #hidupTaemin #hidupNaeun #hidupTaeminNaeun

Gosh

I am a language trainer based in Jakarta, Indonesia. I love traveling, like a lot. I enjoy walking around, language immersion in different places, have a cup of coffee at some unfamiliar coffee shop, embrace the history or art in many different museums. I love coming across people and blending with new culture. I like having conversations with new people, blogging the stories and inspire people.

82 Comments

  • Budi
    March 9, 2018 at 4:47 PM

    Keren banget kak, kalau misalnya mau pergi ke Pocheon itu enaknya pas kapan dan gimana ya? Ada cara yang recommended ga?

    • Udut
      March 10, 2018 at 5:18 PM

      Pas autumn oke banget sih. Daun2nya warnanya cantik banget. Cara yang asik itu naik subway berenti di stasiun uijeongbu terus lanjut bis. Kalau mau ke pocheon jangan lupa mampir ke tempat makan disebelah paris baguette yaa haha

  • Sari
    March 9, 2018 at 5:00 PM

    Taemiiiiiiiin aaaaaaaaaakh

    • Udut
      March 10, 2018 at 5:21 PM

      Aaaah hahahaa coba ikut kaaa 😍😍😍😍

  • alexander
    March 9, 2018 at 5:09 PM

    sebagian tempat yang di share tapi ngelihat di foto atas, rasanya luarbiasa sekali. semoga punya kesempatan berkunjung ketempat tempat yang belum dikunjungi sebelumnya ya.. semangaatttt nabung nya.

    • alexander
      March 10, 2018 at 2:40 AM

      sebagian tempat yang di share tapi ngelihat di foto atas, rasanya luarbiasa sekali. semoga punya kesempatan berkunjung ketempat tempat yang belum dikunjungi sebelumnya ya.. semangaatttt nabung nya.

    • Udut
      March 10, 2018 at 5:22 PM

      Hahahhahahaaa amiiiin Bang. Semoga bisa ke Korea lagi ya, ke Jeju hahahahha

  • Emi
    March 9, 2018 at 5:09 PM

    udut asik bangettt… bacanya jadi sirik pengen ke jalan-jalan ke Korea juga dehhh… tahun ini mau ke Jepang ya? ikut donggg

    • Udut
      March 10, 2018 at 5:25 PM

      Hahahahaa iya kaaak. Belum bisa move on nih. Ayooo Jepang 2019 aaaaah 😍😍😍😍

  • Itaa Novia
    March 9, 2018 at 5:13 PM

    Waahh pasti enak banget ketemu oppa oppa 😁😁 terus foto foto disana.. kapan ya bisa ke korea ???

    • Udut
      March 10, 2018 at 5:26 PM

      Pasti bisa lah. Nabung taaaaa, banyak oppa2 ganteng hahahahaha

  • Tyzaqueen
    March 9, 2018 at 5:17 PM

    View nya bagus banget ya.. Jadi ga sabar pengen kesanaaaa ,aaak
    Btw, korea beneran ya bau soju dimana2 ya dut ?

    • Udut
      March 10, 2018 at 9:26 PM

      Tya mau kesana kapan? Aku kok tak diajaaaak huhuhu. Gue ga nyium bau soju sih tp soju dijual dimana mana. Yang ada dimana mana itu dua insan muda sedang berkencan hahaa. Itu dimana mana ada, bikin baper 😭😭

  • ruth
    March 9, 2018 at 5:27 PM

    ajakin aku dong doeeetttssss

    • udut damero
      March 12, 2018 at 12:51 PM

      Ayooo kapan kita main bareng? Ke bandung aja ga jadi2 huh :/

  • Ranni
    March 9, 2018 at 5:43 PM

    You go girl dek udut, kamu ke korea lagi doong aku titip inisfreee lagi 😜😜😜

    • udut damero
      March 12, 2018 at 12:52 PM

      Hahaahhaa doain ya qa Raaaaan

  • Reki Morisa
    March 9, 2018 at 5:49 PM

    Cool
    Thanks for sharing.
    I feel happy to read this

    • udut damero
      March 12, 2018 at 12:54 PM

      Hahahha thank you deq Rekiiii

  • Kafi
    March 9, 2018 at 5:53 PM

    Asiiik! Next ke korea sama gua nemenin gua konfrensi paper!

    • udut damero
      March 12, 2018 at 12:50 PM

      Waaaaah haha amiiin gue tunggu undangan lu yaaa. Gue mau nemenin haha

  • Yani
    March 9, 2018 at 6:08 PM

    Kerenn duttt… seru banget liatnya… semoga bisa ikutan juga ke KOREAHHH hahahahaha..
    seru juga travel solo kayaknya.. nikmatin tempat tempat yang belum dikunjungin..

    • udut damero
      March 12, 2018 at 12:49 PM

      Iyaaa ka hahaha asik bgt solo traveler. Bisa eksplor sesuka hati

  • AR
    March 9, 2018 at 6:10 PM

    Terima kasih sudah berbagi pengalamannya di Korea. Bisa jadi referensi yang bagus 👍👍👍

    • udut damero
      March 11, 2018 at 11:49 AM

      Sama samaa senang bisa berbagi :””)

  • Rosi
    March 9, 2018 at 6:16 PM

    Wahhh Udut , seruuu banget sihhh … Dari cerita nya kayaknya recommended banget ya secara overall dari destination dan juga agent trip nya … >.< ,

    • udut damero
      March 12, 2018 at 12:51 PM

      Hahahaha ayoo kapan kita ngebolang brg di negeri orang

  • arta novalia
    March 9, 2018 at 6:34 PM

    wuaaaaaa uduuutt kerenn banget… jadi pengen jalan2 kesana barengg

    • udut damero
      March 12, 2018 at 12:42 PM

      Hahaha iya yuuuk Ta ayuk bareng hahahaa

  • Desy M S
    March 9, 2018 at 6:35 PM

    Pocheon sama Nami Island oke banget dut..
    Tempat wisata di Korea bersih terawat ya..
    Good luck for your next travel dut!

    • udut damero
      March 11, 2018 at 11:48 AM

      Iyaaa terawat bgt Des, bersih euy

  • Wismoyo
    March 9, 2018 at 6:40 PM

    Dut gw ga ngerti apa2 ttg fangirling tapi kayaknya seru banget dri cerita lu wkwkwk. Ntar kalau gw ke korea, jadi tour guide gw yak

    • udut damero
      March 11, 2018 at 11:39 AM

      Wkwkwk nanti lu harus merasakan Mooy hah, ngejar2 idol haha. Siap bgt Moy mau ikut lu tinggal di Korea huhuhu

  • boteng
    March 9, 2018 at 6:42 PM

    Wiih tulisannya noona sangat menginspirasi. Jadi pengen nyusul ke Korea, main ke pyongyang. Bareng ya next time!

    • udut damero
      March 10, 2018 at 9:38 PM

      Hahahaha anak matek ya lu Teng? Aneh sendiri comment nya hahahhahaa. Ketemu apink teng, Naeun 😍😍

  • anastasya
    March 9, 2018 at 6:43 PM

    Keren kak udut💞

    • udut damero
      March 10, 2018 at 9:33 PM

      Thank you Tasyaa. Ayo tas nabung samperin oppa oppa disana hahaha

  • elinindriani
    March 9, 2018 at 6:48 PM

    baguss😍

    • Udut
      March 11, 2018 at 11:40 AM

      Haha thank you Elin. Salam kenal :))

  • Kristin Bonur
    March 9, 2018 at 6:53 PM

    Jadi pengen kesana juga kakk

    • udut damero
      March 10, 2018 at 9:34 PM

      Ayoo Bonuuur hahaha. Aku jadi tour guide nya ora popo hhaha

  • Lamsari
    March 9, 2018 at 7:04 PM

    ❤❤❤❤❤.
    What an amazing journey

    • Udut
      March 11, 2018 at 11:41 AM

      Kaan aturan pergi bareng kaaan

  • Ester Lauren Simanjuntak
    March 9, 2018 at 7:41 PM

    Ih….enak sekali akak udut dolan”nya👣❤ tempat wisata dikoreahnya bagus” semua👍😍

  • Hendrik
    March 9, 2018 at 7:43 PM

    Mantap kaka nya sari @udut

    • udut damero
      March 11, 2018 at 11:42 AM

      Ndriiik hahahahhaaaa thank you yak

  • Hendrik
    March 9, 2018 at 7:50 PM

    Mantap kaka nya sari @udur

  • Ridwan adhitya p
    March 9, 2018 at 8:10 PM

    Mantap lah udut.
    Oleh2 donk heheh

    • udut damero
      March 10, 2018 at 9:32 PM

      Sisaan mau ga dit?hahaha sisa masker :””””” makanya doain gue ke Korea lagi hahahaha

  • Putri Dina
    March 9, 2018 at 10:18 PM

    Jadi pengen ke korea nih

    • udut damero
      March 10, 2018 at 9:31 PM

      Ayoo Puuut haha sebelum Yesung nikah hahahha

  • Putri Dina
    March 9, 2018 at 10:19 PM

    Udut kalau ke korea bareng yah

  • Nadia Savira
    March 9, 2018 at 10:50 PM

    Wahhh seru bangett kaa..
    Pengen banget ke Pocheon 😍

    • udut damero
      March 11, 2018 at 11:43 AM

      Iya Pocheon itu bagus sih dan kayaknya mesti dikunjungi. Orangnya ramah2 haha

  • Jeferson
    March 10, 2018 at 12:29 AM

    So its a dream come true ya dut! Glad you enjoy the trip… Semoga pejaman matamu dalam mengingat momen terbaik disana boleh terkabul dan terulang kembali dalam keadaan yang bukan fana. Congrats!

    • udut damero
      March 11, 2018 at 11:46 AM

      Iyaaa coooon akhirnya sampe juga ke Korea. Amiiiin hahaha semoga ga fana yaaa hahaha

  • Meyta Sihotang
    March 10, 2018 at 6:58 AM

    Daebakkk😍😍😍

    • udut damero
      March 10, 2018 at 9:29 PM

      Huhu maafkan diriku ga bisa bawain kaos GD. Next time yaaaah

  • Veren
    March 10, 2018 at 9:46 AM

    Kapan2 ke SM buildingnya bareng aku ya kak :p

    • udut damero
      March 10, 2018 at 9:27 PM

      Iyaaaa ih hahahhahahaa ayoooo mauuuuuu pasti asiiik

  • Eva
    March 10, 2018 at 1:12 PM

    Udutttt akhirnya kesampean juga ke Koreaaa.. jadi kepengen juga

    • udut damero
      March 11, 2018 at 11:47 AM

      Iyaaa vaa akhirnya kesampaen juga hhahaha

  • Jims
    March 10, 2018 at 10:32 PM

    Hmmmm ngerasa kaya ikut dalam tour kalian.. Story nya menghanyutkan.. Kalo open travelling bareng ikut dong ka… Inspiring banget buat aku .

    • udut damero
      March 12, 2018 at 12:53 PM

      Hahahahahahahhaa ke Korea mas hhaha

  • Melinda NP
    March 12, 2018 at 2:52 PM

    Mimpi jadi nyata ya, Dut. Mantap! Jadi penasaran pengen ke Nami Island sama Jade Garden nya juga 🙂

  • Dsy
    March 12, 2018 at 8:22 PM

    Cool story, good experiend, beauty memory.
    Thanx udh beliin+bawain titipan albumnya 😀😀😀😀😀

    • udut damero
      March 13, 2018 at 10:35 PM

      Hahahhaa sami2 Des. Doain gue bisa ke Korea lg ya hahaha

  • Cak Aristo
    March 13, 2018 at 3:24 AM

    Nekat buat jalan-jalan manjanya keren dut, salut sama solo traveling nya, sangat menginspirasi. Semoga next trip nya bisa lebih keren lagi yaa 😀 … Salam olahraga !

    • udut damero
      March 13, 2018 at 10:33 PM

      Haha gue blm kesampean ngebolang untuk tujuan olahraga sih to hahahha. Semoga tahun2 berikutnya bisaaa, amiin

  • udut damero
    March 13, 2018 at 10:36 PM

    Hahahaa iya Meeel akhirnya jadi kenyataan juga. Cus ke Korea Meeel

  • Ester
    March 14, 2018 at 4:14 PM

    keren banget dutt baca ceritanya dari awal ampe habiss seruu tau ahahhaa jadi pngen kesana tp khusus buat ketemu oppa Min Ho hihihi

    • udut damero
      March 14, 2018 at 4:16 PM

      Eeeem hahahaha Min Ho mulu dr duluuuu. Ayo lah nabung ke Korea hahaa. Aku bersedia menemani hahaha

  • Erick
    March 14, 2018 at 4:15 PM

    Duuut seru banget sih hahaha jadi abis resign jalan- jalan dulu yaa. Seru banget

    • udut damero
      March 15, 2018 at 7:51 AM

      Sssf rik jangan bilang2 disini hahaha

  • Husni
    March 14, 2018 at 4:23 PM

    asik banget sih Duut hahaha, akhirnya ketemu Taemin jugaaa

    • udut damero
      March 15, 2018 at 7:52 AM

      Akhirnyaaa yaa hahahaa mau tinggal disana kalau ada yg mah biayain hahhaa

  • Novita
    March 14, 2018 at 4:26 PM

    Wow.. So sweet..
    Tempatnya bagus2 ya dek..

    • udut damero
      March 15, 2018 at 7:50 AM

      Iyaaa ka huhu mau balik lagi rasanyaaa :””

  • khusnul khotimah
    March 14, 2018 at 5:00 PM

    Gilsgils, kereeen banget duttt, lucuk2 fotonyaaa, akhirnyaa kesampean juga lu segedung sama taemin yaaa, waaaah, ujung2nya taemin naeun juga yang dibahas yaaa , jadi inget pas itu gue ngatain lu, wkwkwkkw. Kerenn banget sih koreah, Jadi pengen kesana jugaaaa #harusnabung, hahaa

    • udut damero
      March 15, 2018 at 7:53 AM

      Hahahahaaa iya keren Nul, dunia kpopnya berasa banget hahahaha. Tetap selalu hidup Taemin Naeun

  • shanty
    March 20, 2018 at 10:13 AM

    uduuut, poto poto nya bikin syirik pake banged, bagus bagus bangeddd ..
    kek nya seru banged di sana dut, jadi pengennn ..
    semangat nabung dulu dah 😅😅

  • Desain Interior
    November 26, 2019 at 9:42 AM

    Salah satu wishlistku, semoga bisa terwujud tahun depan

Comments are closed here.

Advertisement




trazy.com
Klook.com